Mulai punya gambaran,, mau jadi guru yang seperti apa?... :)
teng.teng..udah jam 10 malam ni,, harusnya aku bergegas tidur.. tapi malah punya ide buat posting...
so,, posting dulu ah.. mau cerita sedikit..sekalian merenung..
what am I going to be??
hhu... ceritanya mau menggambarkan masa depan ne...
tentu sobat tau kalo saya ini insyaallah nantinya jadi guru... Aamin.
guru apa ya? Matematika donk.. haha..bangganya..
dan murid yang bakal saya didik adalah anak SMP ataupun SMA..
hmm.. Matematika,, sejauh mata memandang dan telinga mendengar merupakan pelajaran yang sulit dikuasai oleh siswa... kebanyakan dari mereka sudah tersugesti kalo matematika itu susah,, menakutkan atau apalah.. ditambah lagi guru yang mengajar terkadang tidak mampu membuat suasana belajar menyenangkan...
akhirnya... siswa sudah nyerah duluan sebelum belajar... beneran takut kalo rambutnya sampe keriting..(tragiss)
Nah, hal ini tentu menjadi tantangan yang menarik buat saya,, mampukah saya mengubah image matematika yang 'menakutkan' menjadi pelajaran yang 'menyenangkan' seperti hal nya saya menyukai pelajaran bahasa inggris sewaktu SMP dan SMA dulu.. :)
share sedikit ya,, tadi saya dapat pengalaman baru dari sosialisasi ke SMA tercinta,, ada adik kelas yang bertanya kepada teman saya saat ia sedang mensosialisasikan berbagai fakultas di universitasnya,
'kak,, ada tidak jurusan yang tidak ada mata kuliah matematikanya?'
haahhaa.. sontak pertanyaan ini mengundang tawa seisi kelas... termasuk saya...
kenapa mengundang tawa? soalnya mereka tau kalo matematika itu jurusan saya,, kan seolah-olah... wkwk (lagaknya)
wah jadi g enak hati tuh yang nanya...
hm.. serius g masalah kok,, saya g sakit hati, tersinggung atau apalah.. biasa aja...
tadi itu cuma mau buat suasana cair aja... jadi pura.pura shock...wkwk...
sejauh ini,, kayaknya susah ya pisah dari mtk.. mau jurusan ipa maupun ips..ujung2ny walau bentar pasti ketemu mtk.. g tau kalo jurusan bahasa...hhuu.
dan g jauh2 dari cerita di atas..
'kak, belajar yang lain aja kak,, kepala daffa ni mau pecah kalo belajar matematika terus'
begituuu kata murid privat saya yang g suka nya segunung dengan pelajaran mtk...
ditambah lagi dia itu keseringan dipuji jago di bidang IPS dan b.inggris.. sedangkan lemah di matematika dan fisika... ya sudahlah tambah jadi dia mikirnya kalo mtk itu susah...
satu lagi murid saya, si Bela..
kalo disuruh ngerjain soal cerita..pasti dia udah nyerah duluan... g ngerti apa maksud soal..
padahal soal cerita itulah yang menarik... karena merupakan aplikasi matematika dalam kehidupan..
nah justru yang ia pahami adalah hitung2an yang dia sendiri tidak tau apa gunanya?
hal ini tentu menyimpang dari salah satu tujuan pembelajaran matematika, yakni melatih siswa berfikir kritis. siswa dituntut untuk bisa menyeesaikan permasalahan... bukan untuk menghitung cepat..
dan lagi-lagi siapa yang akan disalahkan jika tujuan pembelajaran matematika tidak tercapai? ya tentu saja gurunya..
so,, mau jadi guru seperti apa saya ini?
g muluk.muluk ya...
saya akan menerapkan metode pembelajaran yang santai...
maksudnya.. sebisa mungkin saya akan membuat suasana belajar jadi menyenangkan...
tidak ada yang namanya siswa sampe tertidur di kelas.. karena saya tidak tertarik untuk dongeng di depan kelas, dan tidak ada siswa yang bergosip ria disudut kelas karena bosan dengan pelajaran saya. Tidak ada siswa yang malu ditertawakan untuk bertanya... tidak ada siswa yang berani berbicara tidak pada porsinya.
sebisa mungkin saya akan memposisikan diri saya sebagai bagian penting dari mereka,, saya tidak tertaik menjadi guru yang ditakuti oleh siswa-siswa nya,, saya ingin menjadi guru yang bisa menjadi teman..bahkan sahabat dari siswa saya...tentu saja tanpa melepaskan image bahwa saya adalah seorang guru.
Guru itu adalah pendidik, bukan hanya pengajar...
besar tuh tanggung jawabnya...
hhoo...
menjadi pendidik tentu saja harus bisa menjadi contoh yang baik untuk murid-muridnya...
saya harus bisa memahami situasi dan kondisi psikis setiap siswa..(eleehh berat tuh kata2)..
kalo udah bilang psikis.. pasti ujungnya psikologi deh... yupz... kan ada psikologi pendidikan...
menarik ya. . kalo udah ngomongin psikologi rasanya otak saya langsung memberi banyak signal... hahaha...
kalo udah lama jadi guru bisa2 psikolog handal pun kalah lho...wkwk.. (sok tau)
selanjutnya saya juga harus punya modal suara... ya lumayanlah.. suara saya bisa diandalkan...
asalkan siswa nya g brutal ya.. :D
dan juga harus menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar... jangan sampe pas di depan kelas ni lidah keseleo ngomong bahasa daerah... wkwk,..maluuu euy.
intinya bisa presenting dengan baiklah ya.. :)
Finally,, gambaran guru yang ideal di benak saya itu adalah:
1. Pintar, benar2 menguasai materi yang diajarkan
2. Punya kemampuan yang baik dalam hal presenting...
3. Memahami Psikologi Pendidikan
that's it.. semoga saya bisa menjadi guru ideal seperti yang saya gambarkan di atas... Aaamiiin....
so,, posting dulu ah.. mau cerita sedikit..sekalian merenung..
what am I going to be??
hhu... ceritanya mau menggambarkan masa depan ne...
tentu sobat tau kalo saya ini insyaallah nantinya jadi guru... Aamin.
guru apa ya? Matematika donk.. haha..bangganya..
dan murid yang bakal saya didik adalah anak SMP ataupun SMA..
hmm.. Matematika,, sejauh mata memandang dan telinga mendengar merupakan pelajaran yang sulit dikuasai oleh siswa... kebanyakan dari mereka sudah tersugesti kalo matematika itu susah,, menakutkan atau apalah.. ditambah lagi guru yang mengajar terkadang tidak mampu membuat suasana belajar menyenangkan...
akhirnya... siswa sudah nyerah duluan sebelum belajar... beneran takut kalo rambutnya sampe keriting..(tragiss)
Nah, hal ini tentu menjadi tantangan yang menarik buat saya,, mampukah saya mengubah image matematika yang 'menakutkan' menjadi pelajaran yang 'menyenangkan' seperti hal nya saya menyukai pelajaran bahasa inggris sewaktu SMP dan SMA dulu.. :)
share sedikit ya,, tadi saya dapat pengalaman baru dari sosialisasi ke SMA tercinta,, ada adik kelas yang bertanya kepada teman saya saat ia sedang mensosialisasikan berbagai fakultas di universitasnya,
'kak,, ada tidak jurusan yang tidak ada mata kuliah matematikanya?'
haahhaa.. sontak pertanyaan ini mengundang tawa seisi kelas... termasuk saya...
kenapa mengundang tawa? soalnya mereka tau kalo matematika itu jurusan saya,, kan seolah-olah... wkwk (lagaknya)
wah jadi g enak hati tuh yang nanya...
hm.. serius g masalah kok,, saya g sakit hati, tersinggung atau apalah.. biasa aja...
tadi itu cuma mau buat suasana cair aja... jadi pura.pura shock...wkwk...
sejauh ini,, kayaknya susah ya pisah dari mtk.. mau jurusan ipa maupun ips..ujung2ny walau bentar pasti ketemu mtk.. g tau kalo jurusan bahasa...hhuu.
dan g jauh2 dari cerita di atas..
'kak, belajar yang lain aja kak,, kepala daffa ni mau pecah kalo belajar matematika terus'
begituuu kata murid privat saya yang g suka nya segunung dengan pelajaran mtk...
ditambah lagi dia itu keseringan dipuji jago di bidang IPS dan b.inggris.. sedangkan lemah di matematika dan fisika... ya sudahlah tambah jadi dia mikirnya kalo mtk itu susah...
satu lagi murid saya, si Bela..
kalo disuruh ngerjain soal cerita..pasti dia udah nyerah duluan... g ngerti apa maksud soal..
padahal soal cerita itulah yang menarik... karena merupakan aplikasi matematika dalam kehidupan..
nah justru yang ia pahami adalah hitung2an yang dia sendiri tidak tau apa gunanya?
hal ini tentu menyimpang dari salah satu tujuan pembelajaran matematika, yakni melatih siswa berfikir kritis. siswa dituntut untuk bisa menyeesaikan permasalahan... bukan untuk menghitung cepat..
dan lagi-lagi siapa yang akan disalahkan jika tujuan pembelajaran matematika tidak tercapai? ya tentu saja gurunya..
so,, mau jadi guru seperti apa saya ini?
g muluk.muluk ya...
saya akan menerapkan metode pembelajaran yang santai...
maksudnya.. sebisa mungkin saya akan membuat suasana belajar jadi menyenangkan...
tidak ada yang namanya siswa sampe tertidur di kelas.. karena saya tidak tertarik untuk dongeng di depan kelas, dan tidak ada siswa yang bergosip ria disudut kelas karena bosan dengan pelajaran saya. Tidak ada siswa yang malu ditertawakan untuk bertanya... tidak ada siswa yang berani berbicara tidak pada porsinya.
sebisa mungkin saya akan memposisikan diri saya sebagai bagian penting dari mereka,, saya tidak tertaik menjadi guru yang ditakuti oleh siswa-siswa nya,, saya ingin menjadi guru yang bisa menjadi teman..bahkan sahabat dari siswa saya...tentu saja tanpa melepaskan image bahwa saya adalah seorang guru.
Guru itu adalah pendidik, bukan hanya pengajar...
besar tuh tanggung jawabnya...
hhoo...
menjadi pendidik tentu saja harus bisa menjadi contoh yang baik untuk murid-muridnya...
saya harus bisa memahami situasi dan kondisi psikis setiap siswa..(eleehh berat tuh kata2)..
kalo udah bilang psikis.. pasti ujungnya psikologi deh... yupz... kan ada psikologi pendidikan...
menarik ya. . kalo udah ngomongin psikologi rasanya otak saya langsung memberi banyak signal... hahaha...
kalo udah lama jadi guru bisa2 psikolog handal pun kalah lho...wkwk.. (sok tau)
selanjutnya saya juga harus punya modal suara... ya lumayanlah.. suara saya bisa diandalkan...
asalkan siswa nya g brutal ya.. :D
dan juga harus menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar... jangan sampe pas di depan kelas ni lidah keseleo ngomong bahasa daerah... wkwk,..maluuu euy.
intinya bisa presenting dengan baiklah ya.. :)
Finally,, gambaran guru yang ideal di benak saya itu adalah:
1. Pintar, benar2 menguasai materi yang diajarkan
2. Punya kemampuan yang baik dalam hal presenting...
3. Memahami Psikologi Pendidikan
that's it.. semoga saya bisa menjadi guru ideal seperti yang saya gambarkan di atas... Aaamiiin....
Komentar
Posting Komentar