Mengenal Lebih Dekat Filsafat Dengan Tes Jawab Singkat (6 )

Refleksi Perkuliahan Kedelapan (9 November 2017)

Oleh
 Devi Nofriyanti (17709251041)
PPS UNY Pendidikan Matematika B
Refleksi telah diposting di deenof.blogspot.com

Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan merefleksikan pertemuan kedelapan kuliah filsafat dengan dosen pengampu Prof. Dr. Marsigit, M.A. Seperti biasa perkuliahan diawali dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing agar apa yang kami pelajari mendapatkan ridho Allah SWT. Sama seperti pertemuan sebelumnya, kali ini kami diberikan Tes jawab singkat. Berikut pertanyaan dan jawabannya :
1.      Tokohnya Paradoks? Zeno
2.      Paradoks himpunan? Serbentran rusol
3.      Tokoh komputer? Alan turing. Ia adalah seorang peneliti matematika dan komputer dan pahlawan perang inggris
4.      Himpunan? Venn
5.      Tokohnya nol? Satre
6.      Tokohnya isi? Plato
7.      Tokohnya wadah? Plato
8.      Kontradiksi? Immanueal kant
9.      Transenden? Immanueal kant
10.  Sebab akibat? David Hume
11.  Bahasa matematika? Wittgenstein. Ia adalah seorang tokoh penting dalam filsafat analitik, bernama lengkap Ludwig Wittgenstein. Metode analisa bahasa yang ditampilkannya berhasil membentuk pola pemikiran baru dalam dunia filsafat.
12.  Hermeneuitika? Habermas
13.  Fatal? Fermenindes, segala sesuatunya tetap
14.  Vital? Heraclitos, berubah-berubah tiadalah sesuatu yang berubah
15.  Ideal? Plato
16.  Republik? Plato, buku politik pertama judulnya republik karya plato di zaman athena
17.  Tokohnya menjawab? Socrates
18.  Tokohnya bertanya? Socrates
19.  Tokohnya formal? Hilbert
20.  Tokohnya lengkap? Hilbert, membangun membuat matematika yang lengkap tapi ditolak oleh muridnya tokoh tidak lengkap yaitu Godel
21.  Tokohnya lumpur? Mark, lumpur analog dengan materialism
22.  Tokohnya berkah filsafat? Plotinus, secara filsafat dunia itu berkah dari Tuhan yg diturunkan
23.  Tokohnya logos? Thales, filsuf pertama zaman Yunani, memerangi mitos.
24.  Tokohnya tindakan? Imam Ghazali, jika mencari Tuhan lakukan dengan ibadah
Selanjutnya dijelaskan bahwa filsafat ada tiga yaitu ontology, epistimology, dan aksiologi. Aksiologi ada dua yaitu etik dan estetik. Etik benar salah, estetik keindahan. Agar kami lebih paham, maka beliau memberikan tugas kepada kami untuk menonton wayang kulit dan melihat segi etik dan estetiknya. Pertunjukan wayang dapat dilihat di museum sonobudoyo, buka setiap hari kecuali hari libur nasional. Pertunjukannya dimulai dari pukul 20.00 wib sampai dengan 22.00 wib.
Pak Marsigit memberikan penjelasan bahwa metode tes jawab singkat yang diberikannya merupakan pengingat agar kami tau diri kelak jika menjadi guru jangan semena-mena memberi tes ke siswa. Tidak ada komunikasi dalam bahasa itu bencana. Suami istri diam saja itu kiamat. Tetangga itu saudara, sekali-kali jangan bermusuhan dengan tetangga. Lebih baik mengalah, bersedia sakit sedikit, berkorban. Tetangga banyak watak. Untuk mempelajari filsafat itu harus banyak membaca. Dijelaskan bahwa paradoks zeno itu antara lain kita tidak akan pernah sampai pada tujuan. Sebelum sampai tujuan kita mesti mencapai separuh tujuan. Maka sebenar-benarnya diri kita tidak akan pernah mencapai tujuan. Logika belum tentu cocok dengan kenyataan. Itu namanya analitik tidak cocok dengan logika.
Orang yang menjudge filsafats sesat karena filsafat tidak sampai di pikirannya. Orang sesat berfilsafat maka semakin sesat. Sebenar-benarnya filsafat adalah dirimu sendiri. Berpikir reflesif itu filsafat.cari di google paradoks filsafat, mtk, kehidupan dan tokohnya.  Alan turing itu penjembatana langit dan bumi. Langitnya A+B, 2+1, buminya A+1=A, A= A+1, input A keluaran A+1. Cetak input lagi A jadilah hasilnya barisan bilangan. Isi dan wadah itu dari plato formal dan substances. Jadi tokoh silahkan nulis buku. Maka filsuf adalah karyanya.  Immanuel itu tokoh yg paling lengkap. Socrates mencari kebenaran dengan cara bertanya.  Belajar itu kontinu dan akuntabel

Demikianlah refleksi perkuliah pertemuan kedelapan kuliah filsafat, semoga bermanfaat bagi kita semua untuk lebih mengenal filsafat. Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Thanks,, In my 20 years old...

Kepercayaan Vs Kejujuran.... :)

Mengenal Lebih Dekat Filsafat Dengan Tes Jawab Singkat (4)